Friday, July 11, 2008

PT MONSANTO INDONESIA (Monagro Kimia)

Pengalaman Kerja saya yang kedua adalah di PT Monsanto Indonesia atau dikenal orang dengan nama PT Monagro Kimia. Di PT Monsanto saya menangani serac mesin filling yaitu sebuah mesin yg digunakan untuk pengisian cairan ke dalam botol. Di dalamnya masuk beberapa mesin yaitu : mesin unsclamber botol, mesin serac filling (mesin inti) di dalamnya terdapat mesin filling dan caping, mesin heat sealing, mesin labeller, mesin case erector, mesin case packer (hartness), mesin case sealer, mesin palletizer (okura robot palletizer), mesin wrapping (tosa). semua mesin tersebut di atas berjalan secara otomatis.

Di PT Monsanto saya sempat diundang untuk training di Monsanto Malaysia bertempat di johor bahru, sedianya Training Dilakukan Di Monsanto Amerika sebagai basis Perusahaan Monsanto, Tetapi karena satu dan lain hal akhirnya training dilakukan di Monsanto Malaysia. Selama Masa Training yang dipelajari hanya teknologi mesin. karena PT Monsanto membeli perangkat mesin semua baru. dan mesin semua otomatis.

Kecepatan line packaging serac mencapai 150 botol permenit. Mesin serac banyak dipakai pada perusahaan - perusahaan packaging modern seperti di PT Castro Indonesia. Mesin serac menggunakan weighing scale (sensor timbangan) sebagai sensornya, dimana nozle akan menutup setelah sekian gram tergantung kepada setting mesin.

1. Mesin POSIMAT Unschlambler


Mesin Ini Di design di Negara Spanyol, input mesin ini botol, dimana di belakang mesin ini terdapat bin gedhe untuk penempatan botol. Kita letakkan botol di dalam bin tersebut sembarang saja (tidak perlu di atur) kemudian dari penempatan botol yg sembarang itu setelah melalui proses di dalam mesin ini, keluaranya sebagai botol yg tersusun rapi, direksi botol termasuk yg bisa di arahkan oleh mesin ini.

2. MESIN SERAC FILLING


Desain : Franc
Mesin inilah mesin utama packagingnya, dari keluaran Posimat botol sudah teratur rapi kemudian mulai masuk ke mesin serac. Di dalam mesin pertama kali botol masuk ke scale (platform yg di bawahnya ada timbanganya) (ini disebut zona taring) mesin berputar terus sampai ke zona "pengisian" (Zona Filling) Zona Filling (pengisian cairan ke botol) akan berhenti setelah timbangan (scale) membaca botol telah sesuai dengan berat yg ditargetkan. Nozzle akan menutup sendiri dan mesin terus berputar sampai pada "zona capping" di zona ini botol ditutup dengan capping mesin, sebuah mesin yg digunakan untuk menutup botol. setelah itu menuju proses selanjutnya.

3. Mesin Heat Sealer


Mesin Heat Sealer digunakan untuk menempelkan lapisan aluminium foil yg berada di tutup botol ke botol. mesin heat sealer bekerja secara induksi. hati - hati dengan mesin ini, jangan sampai kita bekerja dengan memakai perlengkapan cincin ataupun jam tangan logam karena tangan kita bisa terbakar.

4. Mesin PE Labeller


Mesin untuk menempelkan label


5. Mesin Case Erector

6. mesin hatness case packer

7. Mesin Case Sealer



8. Mesin Okura Robot Palletizer


9. Tosa Wrapping Machine

4 comments:

Rosvin said...

pak puji saya mau tanya di PT monsanto yang di tangerang itu produksi benih apa aja ya pak? Terimakasih

Puji Raharjo said...

Bukan Benih, Tapi racun untuk rummput

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Permisi mau tanya, apabila mesin filling serac tidak isi cairan atau minyak itu berkendala dimananya ya?