Sunday, July 13, 2008

PT LG Electronics Display Devices Indonesia (PT LGEDI)




Pengalaman Kerja saya pertama kali adalah di PT LG Electronics Display Devices Indonesia (PT LGEDI). Perusahaan ini terletak di kawasan Industri MM 2100 Cibitung. Posisi saya dalam perusahaan itu sebagai foreman. Sebagai seorang foreman saya membawahi sekitar 100 anak buah yang semuanya perempuan dan 7 orang leader
.


Saya Bekerja di divisi DY. DY kepanjangan dari Deflection Yoke adalah suatu komponen elektronik yang digunakan untuk menyebarkan warna yg ditembakkan oleh EG (Elektron Gun). Pada saat ditembakkan oleh electron Gun warna tersebut berupa 3 buah warna saja yaitu R(red-merah), G(green-hijau) dan B(blue-biru). Dari ketiga warna tersebut, Dy mendefleksikan ke seluruh permukaan CRT sehingga dapat menampilkan semua warna yg dikehendaki.

Deflection yoke terdiri dari 2 buah coil yaitu Horizontal Coil (H-coil) dan Vertical Coil(V-coil). Horizontal coil dipergunakan untuk mendefleksikan sinar dari electron Gun ter-spread secara horizontal dan vertical coil dipergunakan untuk mendefleksikan ke arah vertical. Horizontal coil merupakan sebuah coil yang dibentuk sedemikian rupa oleh mesin, coil yg dipakai lebih besar diameternya daripada vertical coil. Vertical coil dililitkan melalui sebuah "core" magnet. H-coil dan V-coil di assembling (di rakit) di dalam dvs saya serta pengecheckan-nya.

Di Divisi yang saya tangani yaitu DY ASSY, meliputi assembling (perakitan antara H-coil dan V-coil menjadi sebuah DY yg lengkap) dan divisi checking (mengecheck lagi kalau ada misconvergence. Misconvergence adalah ketidakharmonisan antara warna merah, hijau dan biru yang terjadi. misconvergensi ada beberapa macam antara lain : h-size, v-size, ccv + , ccv - dan lain lain.

Di dalam pekerjaan ini saya bertugas untuk :
  • Mengotrol hasil produksi sesuai target yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Mengontrol kualitas hasil produksi (dalam hal ini dibantu oleh QC).
  • Mengontrol Sumber daya manusia (melakukan beberapa macam training).
  • Mengontrol Maintenance mesin - mesin pada divisi DY.
Kami bekerja secara shift, terdiri dari 2 shift shift pertama bekerja sampai jam 3 sore sedang shift ke 2 bekerja sampai jam 11 malam. sebelum divisi DY adalah divisi Electron Gun (EG) dan setelah divisi DY adalah divisi FBT (Fly Back Transformer). Ketiga divisi tersebut pada waktu itu ada dalam 1 naungan gedung.

Melalui pekerjaan di PT LG ini pula saya mendapatkan kesempatan untuk training di KOREA selama 1 bulan. Dalam Training kami yang dilaksanakan di Kota Gumi atau Kumi (K dan G adalah huruf yg sama menurut ejaan Korea) tidak hanya materi permesinan yg dipelajari, dari segi management juga banyak kami pelajari. Selain materi Training Kami juga sempat mengunjungi beberapa obyek wisata di Korea. Training angkatan DY & FBT yang dilaksanakan pada bulan september 1996 itu diikuti oleh sekitar 15 orang diantaranya : Dniel Sianipa, Imanuel, Yulianto, Indra, Momant Triandha, Agus Sumoro
, Puji Raharjo, Bilal, Jeffry, Panji Sukarso.

No comments: